cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 14124521     EISSN : 26850885     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya" : 5 Documents clear
Penetapan Kebijakan Quality Threshold, Fokus Target Market, Penyaluran Pembiayaan Terhadap Kualitas Pembiayaan Nazofatullidya Nazofatullidya
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v20i3.18641

Abstract

Tujuan penelitian –Tujuan penelitian untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Pengaruh Penetapan Kebijakan Quality Threshold (QT) dan Fokus Target Market (FTM) Terhadap Kualitas Pembiayaan (NPF) Melalui Penyaluran Pembiayaan (OS) Sebagai Variabel Intervening. Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil pengolahan data portofolio pembiayaan yang berasal dari system IT Bank Syariah Indonesia (BSI). Metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis yang dapat menjelaskan pola hubungan antar variable dengan bantuan program Eviews 12. Wawancara dilakukan guna mendukung hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan Temuan – Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel QT, FTM, dan OS secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap NPF. Namun, secara parsial variabel QT dan OS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap NPF. Sedangkan FTM berpegaruh positif namun tidak signifikan terhadap NPF. Berdasarkan hasil Sobel Test, OS tidak mampu bertindak sebagai variabel intervening melainkan hanya mampu bertindak sebagai variabel independen. Keterbatasan penelitian – Penelitin ini hanya membahas pada pembiayaan Griya Bank Syariah Indonesia (BSI) khususnya di Kantor Wilayah Palembang (RO 3 Palembang) Originality/value – Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengkaji pengaruh penetapan kebijakan quality threshold dan focus target market focus terhadap kualitas pembiayaan dengan penyaluran pembiayaan sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia RO 3 Palembang karena kebijakan quality threshold sebelum merger belum diterapkan di Bank ex legacy. Keywords : Quality Threshold, Target Market, Kualitas, Pembiayaan. 
Analisis Makroekonomi Terhadap Return Saham dalam 50 Besar Kapitalisasi Pasar Terbesar Tahmat Tahmat; Fitria Llilyana; Erna Garnia; Deden Rizal Riadi; Bunga Suci Romadhona
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v20i3.16803

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh dari Dow Jones Industrial Average, Inflasil, BI Rate, dan Kurs Rupiah terhadap Return Saham Top 50 Biggest Market Capitalization di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010 hingga 2020, baik secara parsial maupun simultan. Desain/Metodologi/Pendekatan – Berdasarkan teknik pengambilan sampel, diperoleh 18 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda data panel dengan beberapa pengujian, termasuk adanya uji stasioneritas ADF unit root test agar data yang digunakan stasioner dan terhindar dari hasil regresi lancung (spurious regression). Temuan – Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Dow Jones berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. BI Rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Kurs Rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Secara simultan, Dow Jones, Inflasi, BI Rate, dan Kurs Rupiah berpengaruh terhadap return saham. Keterbatasan penelitian – Sebagian data perdagangan saham yang dibutuhkan tidak tersedia. Hal ini mengakibatkan keterbatasan variabel yang diteliti dan waktu penelitian. Originality/value – Artikel ini fokus mengeklopresisasi 50 saham berkapitalisasi pasar terbesar yang memiliki karakteristik unik di Bursa Efek Indonesia. Investor baru yang hendak menentukan pilihan investasinya cenderung memilih saham yang memiliki kapitalisasi besar. Keywords : Dow Jones Industrial Average, Inflasi, BI Rate, Kurs Rupiah, Return Saham, Saham Big Cap, Saham Blue Chip 
Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction Yudha Nugraha; Yolanda Masnita; Kurniawati Kurniawati
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v20i3.18528

Abstract

Tujuan Penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran responsiveness chatbot artificial intelligence dalam membentuk customer satisfaction Desain/Metodologi/Pendekatan – Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar terhadap 260 responden. Analisa structural equation modeling menggunakan Amos. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsiveness chatbot berpengaruh terhadap extrinsic value, intrinsic value, dan online convenience. Selanjutnya extrinsic value dan online convenience berpengaruh terhadap costumer satisfaction, sedangkan intrinsic value tidak berpengaruh. Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini hanya meneliti hanya meneliti terhadap beberapa faktor yang mempengaruhi customer satisfaction dalam penggunaan chatbot untuk berinteraksi dengan perusahaan, jumlah sampel yang terbatas, dan sampel hanya berasal dari beberapa kota. Originality/Value – Penelitian ini adalah penelitian pertama yang meneliti mengenai peran responsiveness chatbot artificial intelligence dalam membentuk customer satisfaction Key Word – Responsiveness, extrinsic value, intrinsic value, online convenience, dan customer satisfaction.
Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Konsumen Tokopedia di Kota Palembang Muhammad Rifqi Albanna; Dessy Yunita; Nofiawaty Nofiawaty
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v20i3.18731

Abstract

Tujuan penelitian – Penerapan e-service quality yang baik tentu akan berbanding lurus terhadap e-satisfaction yang dirasakan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction pada konsumen Tokopedia di kota Palembang baik secara simultan dan parsial serta mengetahui variabel e-service quality mana yang dominan berpengaruh. Desain/Metodologi/Pendekatan – Diawali dengan penentuan desain penelitian dan variabel yang yang telah diukur untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan beberapa kriteria yang sebelumnya sudah ditetapkan. Untuk mengukur indikator variabel e-service quality (X) dan variabel e-satisfaction, dirancang instrumen penelitian menggunakan daftar pertanyaan terstruktur. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SPPS versi 26. Temuan – Dimensi X5 (personalization) yang memiliki indikator berupa pemberian promo bukanlah dimensi yang berpengaruh dominan terhadap e-satisfaction pada konsumen Tokopedia di kota Palembang. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini perlu dipadukan dengan instrumen pengukuran kepuasan pelanggan lainnya. Originality/value – Penentuan dimensi-dimensi variabel X (e-service quality) pada penelitian ini merujuk pada research model yang telah disesuakan dalam konteks penelitian yang memiliki objek online retail. Keywords : Electronic Service Quality, Electronic Satisfaction, Tokopedia 
Digital Marketing dan Entrepreneurial Marketing dalam Mengoptimalkan Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Rina Susanti; Lidya Rizki Ananda; Engla Desnim Silvia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v20i3.16974

Abstract

 Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan Rumah Bintang Bordir dan Sulaman melalui kepuasan sebagai mediator. Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi adalah masyarakat kota Bukittinggi berusia 25-60 yang pernah berbelanja di Rumah Bintang Bordir dan Sulaman. Sampel berjumlah 100 pelanggan yang diambil melalui teknik sampel yaitu accidental sampling. Temuan – Secara langsung variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, variabel entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung variabel digital marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan variabel entrepreneurial marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan Keterbatasan penelitian – Penelitian ini terbatas hanya pada variabel loyalitas pelanggan dan data penelitian diambil dari 1 UMKM Bordir dan Sulaman yang ada di Kota Bukittinggi. Sehingga, hasil penelitian belum dapat disimpulkan secara general. Originalitas – Fokus penelitian terletak pada hubungan pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan dan melihat bagaimana peran mediasi variabel kepuasan pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 1 (2022): Vol 20, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 20, No 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021 Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021 Vol 19, No 2 (2021): Vol 19, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 19, No 1 (2021): Vol 19, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 18, No 4 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 3 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 4 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 4 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 4 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 4 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 4 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 4 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 4 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 3 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 18 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 17 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 16 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 15 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 14 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 13 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya More Issue